niela Hurnitha

Headline News :

Rabu, 21 November 2012

Mengenal Ciptaan-Ciptaan dan Penemuan-Penemuan


 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgVRqv5zeMrObh_4Qy1Dh9r2_GnFhfHtzwDtwwbjZzrkQOFC_GsjkZTeAY3vMNFeZaJ1ryrNMrD24FjVlIaCIgMcda5GeOBkWMRc4wfYuasbjqbrp7ZXO8W7QDfVV-V1d8bmej_7cGHHic/s400/babylon1.jpg

 Mengenal Ciptaan-Ciptaan dan Penemuan-Penemuan


    Tulisan saya kali ini berhubungan dengan ciptaan-ciptaan dan penemuan-penemuan. Entah kenapa saya ingin menulis ini, mungkin pengaruh dari membaca buku-buku mengenai hal tersebut. yang jelas ingin kembali mengingat kerja keras orang-orang zaman dahulu yang pernah menemukan atau menciptakan sesuatu sehingga berguna dimasa sekarang. Mungkin ini hanya sebagian dari sejuta ilmuwan yang saya publish di sini.

1.Batang Korek Api 
   Pada tahun 1680, Robert Boyle dari Inggris menemukan bahwa nyala api dapat dihasilkan dengan segera ketika fosfor digosokkan pada sulfur. Pada tahun 1827, sorang ahli kimia dari Inggris, John Walker menemukan korek api.

2.Foto
    Foto diciptakan pada tahun 1500 sejalan dengan kemajuan obscura kamera di Italia (filosof Yunani, Aristoteles). Pada tahun 1727 Johann Schulte, seorang ahli fisika dari Jerman, menemukan bahwa garam perak dapat berubah menjadi gelap jika terkena cahaya.

3.Kamera Polaroid
    Edwin H.Land dari Amerika Serikat menciptakan kamera Polaroid pada tahun 1948.

4. Kulkas
    Kulkas pertama kali ditemukan oleh Jacob Perkins, orang Amerika Serikat pada tahun 1834.
Pada tahun 1918, Kelvinator memasarkan model yang lebih praktis.

5. Kunci
    Kunci anti maling pertama kali diciptakan oleh Joseph Bramah dari Bransley pada tahun 1787. Kunci ini memiliki 479.600 kombinasi yang berbeda-beda.

6. Lampu Tambang
    Diciptakan pertama kali oleh Sir Humphry Davy pada tahun 1815.

7. Laser
   Merupakan singkatan dari Light Amplification by Emission of Radiation (Penguatan Sinar melalui Pancaran Radiasi). Gagasan pembuat laser disusun oleh para ilmuwan selama tahun 1950-an. Laser dikembangkan dari alat sebelumnya disebut Maser yang digunakan untuk menguatkan gelombang mikro.
Theodore H.Maimon, seorang ilmuwan Amerika Serikat yang mengembangkan laser pertama kalinya pada tahun 1960.

8. Maser
   Singkatan dari Microwave Amplification by Stimulated Emission of Radiation (Penguat Gelombang Mikro melalui Emisi Radiasi Tiruan).
Ditemukan oleh Charles H.Townes, ahli fisika dari Amerika Serikat pada tahun 1955.

9. Mikroskop
   Sebuah mikroskop memiliki dua system lensa yaitu ojektif dan lensa mata. Mikroskop gabungan ini dibuat oleh ahli pembuat kaca mata dari Belanda yang bernama Lacharia’s Juseen sekitar tahun 1590. Kemudian pada tahun 1600, Antori van Leeuvenhock membuat sebuah mikroskop dengan lensa-lensa yang sangat kuat untuk mengamati makhluk hidup.

10. Mobil
   Mobil pertama digerakkan dengan mesin uap dan dibuat oleh orang Perancis yang bernama Joseph Cugnot pada tahun 1769. Kira-kira tahun 1890, mobil listrik pertama dibuat oleh William Morrison.

11. Parasut
   Parasut diyakini ditemukan oleh orang-orang cina selama tahun 1100-an untuk melompat dari bangunan-bangunan yang tinggi. Leonard da Vinci, ilmuwan dari Italia, menggambar sketsa parasut pada tahun 1495.

12. Percetakan Litografi
   Teknik percetakan Litografi ditemukan oleh Johann Nepomuk Aloys Senefelder.

13. Pintu Putar
  Seorang Amerika, Theophilus van Kannel menciptakan pintu putar pertama pada tahun 1888, ia menyebutnya “pintu tak berpintu” Karena selalu terbuka sekalipun ditutup.

14. Pisau Cukur Yang Aman
   K.C Gillet meciptakan pisau cukur yang aman.

15. Radio
   Heinrich Rudolf Hertz (1857-1894) menemukan gelombang radio pada tahun 1887. Audio bagian yg tidak terpisahkan oleh radio, di temukan ilmuwan Amerika Serikat, Lee De Forest pada tahun 1907.

16. Reaktor Nuklir
   Enrico Fermi dikenal sebagai Bapak Fisika Nuklir karena ia adalah orang pertama yang menemukan reaksi-reaksi berantai.

17. Roket
  Roket diyakini telah diciptakan oleh orang-orang Cina pada awal abad Masehi, selama awal tahun 1800-an. Colonel William Congreve dari angkatan bersenjata Inggris, mengembangkan nenek moyang pertama dari roket-roket modern. Roket modern pertama dibuat oleh ilmuwan Amerika Serikat, yang bernama Robert H.Goddard.

18. Senapan Mesin
   Pada abad ke-19, Richard Jordan Gatling menemukan “senapan Gatling” pada tahun 1861. Pada tahun 1884, Hiram Maxim dari Amerika Serikat menciptakan senapan mesin otomatis yang pertama.

19. Sepatu Luncur
   Sepatu luncur beroda empat (roller skate) yang pertama diciptakan oleh James Leonard Plimpton dari New York pada tahun 1866.

20. Sepeda Motor
   Sepeda motor pertama diciptakan oleh seorang insinyur dari Jerman yang bernama Gottlieb Daimler pada tahun 1885.

21. Angka
   Angka asalanya dari India. Oleh penduduk India digunakan dalam risalah matematika pada abad ke-6. Sistem angka ini tersebar dari India ke Arab dan dari sana ke Eropa pada abad ke-12.

22. Genetik
   Gregor Johann Mendel, seorang pendeta dari Austria, adalah peneliti alam pertama yang memberikan bentuk ilmiah pada genetik.

23. Gravitasi
   Benda yang jatuh atau objek tanpa penopang ditekan ke permukaan bumi oleh daya gravitasi. Apabila tidak ada hambatan udara, semua benda jatuh menurut hukum yang pasti. Hukum itu dikenal sebagai hukum benda jatuh, dan pertama kali ditemukan oleh ilmuwan Italia, Galileo pada tahun 1500-an.

24. Hidrogen
   Hidrogen adalah zat kimia yang paling ringan, paling sederhana, dan gas yang paling berlimpah didapatkan di alam ini. Ditemukan oleh Henry Cavendish pada tahun 1776, ahli kimia dari Inggris.

25. Nitrogen
  Nitrogen adalah gas yang tidak memiliki warna, rasa, dan bau. Gas tersebut membentuk 78 persen atmosfer. Ditemukan pada tahun 1772 oleh seorang dokter dari Skotlandia yang bernama Daniel Rutherford.

26. Neutron
   Pada tahun 1932, ahli fisika dari Inggris, Sir James Chadwick, melalui eksperimennya membuktikan bahwa inti atom berisi partikel-partikel yang tidak bermuatan yang disebut neutron.

27. Logaritma
   John Napier, seorang ahli matematika dari Skotlandia yang menemukan metode perhitungan logaritma pada tahun 1953.

28. Neon Gas
  Pada tahun 1898, W.Ramsay dan M.Travers memisahkan oksigen dari nitrogen dari udara dan menghasilkan campuran gas-gas yang tipis. Suatu gas yang baru atau “neon” (baru) dihasilkan pada penyaringan campuran gas-gas yang tipis ini.

29. Radiasi Infra Merah
   Sir Willliam Herschel menemukan radiasi infra merah pada permulaan abad ke-19.

30. Sinar Cahaya
   Sir Issac Newton (1642-1727) pada tahun 1700 menemukan bahwa cahaya terbentuk dari kelompok-kelompok partikel halus yang disebut corpuscle. Calidius Ptolemy pada abad ke-2 menyimpulkan bahwa sinar cahaya membelok ketika memasuki air.





Print atau anda jadikan file PDF

0 comments:

Posting Komentar


widgeo.net

My Inspiration of Niela

 
Share